Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan prima (Excellent service) adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan tuntutan pelanggan mengenai kualitas produk (barang atau jasa) sebaik-baiknya. Melalui pelayanan prima, perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan perusahaan dapat mempertahankan pelanggan lama. Untuk menunjang pelaksanaan playanan prima, telah dikembangkan konsep total quality management (TQM), yaitu system manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi.
Pelayanan prima dikembangkan berdasarkan konsep A3, yaitu Attitude (sikap), attention (perhatian) dan action (tindakan).
- Konsep Attitude (Sikap)
Calon pembeli/pelanggan selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pelayan/petugas yang ada di toko/perusahaan sehingga kepuasan pembeli terpenuhi serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan kepada orang lain, yang akhirnya menjadi promosi gratis bagi perusahaan. Pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk, antara lain seperti berikut ini.
a) Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi
Hal-hal yang dapat mendukung penampilan serasi
· Penampilan serasi dengan cara berhias
· Penampilan serasi dengan cara berbusana
· Penampilan serasi dengan ekspresi wajah
b) Pelayanan dengan berpikir positif
Cara berpikir positif dalam melayani pembeli
· Tidak mencari atau memanfaatkan kelemahan pembeli
· Tidak bersikap apriori terhadap pembeli
· Melayani pembeli secara terhormat
c) Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
· Tutur bahasa baik, disertai senyum ramah
· Sikap sopan santun
· Melayani dengan memuaskan
· Mendengarkan saran, pendapat dan kritikan pembeli
· Mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli
· Mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli
· Bersikap konsisten dalam melayani pembeli
1. Konsep attention
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention adalah sebagai berikut.
a) Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
·Mendengarkan tutur kata pembeli mengenai kebutuhannya
·Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli
·Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli
·Berusaha mewujudkan kebutuhan pembeli dengan cepat
b) Mengamati perilaku pelanggan
Ketika sedang mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, penjual harus mengadakan pengamatan terhadap segala perilaku pelanggan dalam hal berikut ini.
· Body language
· Body movement
· Motive pembeli
c) Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan
· Mendengarkan dan mencatat kebutuhan pembeli
· Menjelaskan kembali setiap pesanan
· Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian penuh kepada pembeli
· Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian penuh kepada pembeli
· Menghargai setiap pendapat dan saran yag diajukan pembeli
· Memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang dan jasa yang dipesannya.
c. Konsep Action
a) Pencatatan pesanan adalah sebagai berikut
· Memberi kemudahan kepada pembeli/pelanggan
· Mempercepat pelayanan
· Menghindari kesalahan sekecil mungkin
· Memudahkan dalam pencarian dan pengambilan barang
b) Pencatatan kebutuhan pelanggan
Untuk memberikan pelayanan yag baik, sebaiknya pelayanan atau penjual mendengarkan memahami kebutuhan para pelanggan para pelanggan dan membuat daftar kebutuhan dengan mengelompokkan sesuai dengan kegunaan, merek, ukuran, dan jenis pesanan.
c) Penegasan kembali kebutuhan pelanggan
· Barang yang telah dicatat, ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan pelayanan.
· Menanyakan penggunaan alat pembungkusan barang
· Menanyakan cara pengiriman barang yang dikehendaki pembeli
· Menegaskan cara pembayaran (cash,credit, dengan cek)
d) Mewujudkan kebutuhan pelanggan
e) Menyatakan terimakasih dengan harapan pelanggan kembali
Hal-hal yang dapat dilakukan dengan harapan pelanggan kembali untuk membeli barang jasa diataranya adalah sebagai berikut:
· Pernyataan terimakasih kepada setiap pelangga
· Pemberian bonus kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar
· Pemberian potongan harga
· Pemberian hadiah pada waktu-waktu tertentu kepada pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar